10 hal pembatal puasa
HATI-HATI!! 10 Hal ini dapat mengurangi pahala puasa mu !

Puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu ibadah yang penuh berkah dan pahala. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang bisa mengurangi pahala puasamu?

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Anas ra, disebutkan 5 perkara yang merusak pahala puasa :
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ada 5 perkara yang membatalkan pahala orang yang berpuasa, yaitu (1) berdusta; (2) berghibah; (3) mengadu domba; (4) bersumpah palsu; (5) memandang dengan syahwat,”
(HR. Dailami)

Eits, jangan panik dulu! Hal-hal ini mungkin tidak terduga dan sering kali tidak disadari. Yuk, simak 10 hal berikut agar puasamu semakin bermakna dan pahalanya berlimpah:

1. Berbohong

Berbohong merupakan salah satu dosa besar yang dapat mengurangi pahala puasa. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kejujuran dalam perkataan dan perbuatan.

Dua hal tersebut beriringan sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatannya, maka Allah tidak butuh (tidak berkepentingan) dengan lapar dan hausnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Bergunjing (Ghibah) dan Mengadu Domba

Membicarakan keburukan orang lain, baik ghibah (menggunjing) maupun namimah (mengadu domba), dapat mengurangi pahala puasa. Sebaiknya gunakan waktu berpuasa untuk memperbanyak amal kebaikan dan menjaga lisan.

3. Marah dan Bertengkar

Emosi yang tidak terkontrol, seperti marah dan bertengkar, dapat merusak pahala puasa.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berpuasa, maka janganlah berkata kotor dan janganlah bertengkar. Jika ada orang yang mencaci maki atau mengajaknya bertengkar, hendaklah dia berkata, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Tidur Berlebihan

Tidur berlebihan saat berpuasa dapat mengurangi pahala saat berpuasa dan membuat tubuh terasa lemas. Sebaiknya atur waktu tidur dengan baik agar tetap bisa menjalankan ibadah dan aktivitas lainnya.

5. Bermalas-malasan

Puasa bukan berarti menjadi malas dan tidak melakukan apa-apa. Manfaatkan waktu puasa untuk memperbanyak ibadah, membaca Al-Quran, atau melakukan kegiatan positif lainnya.

6. Mengeluh Lapar dan Haus

Manusia memang merasakan lapar dan haus saat berpuasa. Tapi, mengeluh dan terus menerus memikirkannya bisa mengurangi pahala puasa.

7. Melakukan Hal-hal Makruh

Beberapa hal makruh saat berpuasa, seperti berkumur-kumur berlebihan, menelan ludah berlebihan, dan bermesraan dengan pasangan suami istri, hal-hal tersebut dapat mengurangi pahala puasa.

8. Membatalkan Puasa dengan Sengaja

Membatalkan puasa dengan sengaja tanpa alasan syar’i, seperti makan atau minum, dapat membatalkan puasa dan mengurangi pahala.

9. Tidak menjaga mata dari syahwat

Orang yang tidak menjaga syahwatnya ketika berpuasa, maka pahala puasanya akan gugur sehingga yang tersisa lapar dan haus saja. dan sumber syahwat yang utama ialah pandangan mata. tidak menundukkan pandangan pada lawan jenis yang bukan mahramnya, maka ia telah menodai ibadah puasanya.
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Pandangan merupakan salah satu anak panah iblis,” (HR. Al-Hakim dan Thabrani).

10. Bersumpah palsu

Perbuatan lain yang bisa merusak pahala puasa ialah bersumpah palsu. Menyatakan sumpah, tapi berbohong merupakan perbuatan yang dilarang dalam Islam. Apalagi, jika sampai membawa nama Allah SWT di awal sumpahnya.
Larangan bersumpah palsu ini dijelaskan Al-Quran dalam surah Ali Imran ayat 77:

“Sesungguhnya orang-orang yang menukar janjinya [dengan] Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bagian [pahala] di akhirat..”

Sobat Asy-Syifa’ yuk, Jadikan Puasa Kita Semakin Bermakna! Dengan menghindari hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa ini, marilah kita meningkatkan kualitas ibadah puasa kita.

Semoga puasamu di bulan Ramadan kali ini menjadi puasa yang penuh berkah dan pahala. Aaamiiin Yaa Rabbal A’lamiiin..

Leave a Reply

Artikel Lainnya