tips membaca Al-Quran untuk karyawan kantoran yang super sibuk
Tips Membaca Al-Qur'an untuk Karyawan Kantoran yang Super Sibuk

Sobat Asy-Syifa’ di tengah hiruk pikuk dunia kerja, mudah bagi kita untuk melupakan hal-hal penting dalam hidup, termasuk kewajiban kita untuk membaca Al-Qur’an. Namun, sebagai umat Muslim, Al-Qur’an adalah pedoman hidup kita yang harus kita pegang teguh. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

“Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil (dengan tenang dan perlahan).” (QS. Al-Muzzammil: 4)

orang kantoran sibuk kerja

Bagi karyawan kantoran yang sibuk, menemukan waktu untuk membaca Al-Qur’an secara rutin mungkin terasa menantang. Namun, dengan Tips Membaca Al-Qur’an untuk Karyawan Kantoran dari Asy-Syifa’ berikut dan dengan niat yang kuat, kita dapat menjadikan rutinitas ini sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari:

  1. Tentukan Waktu yang Tepat:
    Pilihlah waktu yang konsisten setiap hari, baik pagi sebelum berangkat kerja, istirahat kerja, setelah sholat wajib atau malam sebelum tidur. Konsistensi akan membuat rutinitas ini lebih mudah dijalankan.
  2. Pilih Porsi yang Realistis:
    Jangan terlalu memaksakan diri. Mulailah dengan porsi kecil, misalnya 5 ayat atau jika mampu 1-2 halaman per hari. Seiring waktu, kamu dapat meningkatkan jumlahnya secara bertahap.
  3. Manfaatkan Waktu Luang:
    Manfaatkan waktu tunggu di antrean, perjalanan pulang pergi kerja, atau saat istirahat makan siang bisa dimanfaatkan untuk membaca Al-Qur’an secara singkat.
  4. Gunakan Aplikasi Al-Qur’an:
    Aplikasi Al-Qur’an di ponsel sangat praktis dan memudahkan kita membaca kapan saja, di mana saja. Pilih aplikasi dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Asy-Syifa’, atau gunakan Al-Qur’an Saku atau Al-Qur’an perjuz yang mudah dibawa kemana saja.
  5. Baca dengan Tartil:
    Membaca dengan tartil, yaitu dengan jelas dan perlahan, akan membantu Sobat Asy-Syifa’ memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an dengan lebih baik.
  6. Pahami Maknanya:
    Selain membaca, cobalah untuk memahami makna ayat-ayat yang kamu baca. Sobat Asy-Syifa’ dapat menggunakan tafsir, Al-Qur’an dengan daftar isi tematik atau bertanya kepada orang yang lebih paham.
  7. Ajak Teman:
    Mengajak teman atau rekan kerja untuk membaca Al-Qur’an bersama bisa menjadi motivasi tambahan. Kalian dapat saling mengingatkan dan bersaing secara positif dalam kejar target tilawah bersama.
  8. Tadabbur:
    Setelah membaca, luangkan waktu sejenak untuk mentadabburi apa yang Sobat Asy-Syifa’ baca. Hubungkan dengan kehidupan sehari-hari dan ambil hikmah dari ayat tersebut yang dapat diterapkan.
  9. Berdoa:
    ¬†Akhiri rutinitas membaca Al-Qur’an dengan berdoa, memohon kepada Allah SWT agar memberikan keberkahan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah.
  10. Jadikan Kebiasaan:
    Membaca Al-Qur’an secara rutin harus menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Jangan menyerah jika sempat tertinggal satu atau dua hari. Tetaplah berusaha untuk tetap konsisten dan jadikan Al-Qur’an sebagai penuntun hidupmu.

Dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai penuntun hidup, kita akan meraih keberkahan dan kemudahan di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an:

“…karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Alquran..” (QS. Al-Muzzammil: 20)

Membaca Al-Qur’an secara rutin mungkin terasa menantang bagi karyawan kantoran yang sibuk. Namun, dengan tips-tips di atas dan dengan niat yang kuat, kita dapat menjadikan rutinitas ini sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari. semangat terus sobat Asy-Syifa’ !

Leave a Reply

Artikel Lainnya